(Source : Google)
Akhirnya balik lagi nulis di malam minggu yang so gloomy banget hehehe. Karna bosen mau nonton drama korea apa jadi gue mencoba buka disney hotstar dan cari tontonan asik dengan genre komedi. Dan berakhirlah gue menonton film western "Devil Wears Prada". Film nya Anne Hathaway di tahun 2006 yang ringkasnya menceritakan tentang perempuan fresh graduate dimana dia pertama kali kerja di sebuah majalan fashyun "Runaway". Dia jadi asisten dari ketua majalah bernama Miranda. Miranda ini tipikal bos nyebelin yang semaunya sendiri. Bisa kebayang kalau kita jadi asistennya kudu 24/7 siap dengan segala perintah dia. Bahkan di luar jam kerja. Siap-siap gak ada work life balance dalam hidup hahahaha.
Nonton ini tuh berasa senyum-senyum sendiri dimana gue pernah jadi salah satu asisten dosen. Dan gue juga sama-sama menyandang gelar fresh graduate saat itu. Eh belum menyandang fresh graduate sih karna belum bener-bener wisuda. Namanya asisten harus melakukan sesuai dengan apa yang diiinginkan bos pastinya. Alhamdulillah bos gue amat sangat baik banget. The best pokoknya. Gue juga jadi belajar banget buat mengerjakan segalanya dengan detail. Karna bos gue ini detail dan perfeksionis. Tapi menurut beliau, keperfeksionisannya dia berkurang setelah punya anak hahaha. Lumayan PR banget buat gue yang mengerjakan hal dengan cepat tamnpa memperhatikan hal yang detail wkw. Terus ada scene juga di film "Devil Wears Prada" dimana si Andy (Anne Hathaway) pergi ke rumah bosnya. Dan exactly, ini juga terjadi di dalam kehidupan gue. Apalagi bos gue punya dua anak yang masih balita. wkwkw. Bener-bener deh pas jaman bos gue sakit, gue bener bener kerja di rumahnya. Bedanya gue gak sebel karna anaknya lucu lucu dan gue ngerasa nyaman sama semuanya.
But, kenapa gue lebih memilih untuk pindah kerja? Ya karena gue ngerasa gak cocok disana. Gue sangat bisa merasakan work life balance tapii pekerjaannya bikin gue burn out. Kenapa? Karena gue harus 9 AM-4 PM depan laptop liatin tuh google scholarship sama jurnal jurnal everyday dan gak communicate with other people. Gila rasanya bosen banget dan jenuh. Dari situ gue mulai yakin bahwa gue tipikal pekerja yang jobdesk nya ketemu orang. Bukan yang terlalu scientific bgt alias berkutat dengan jurnal everyday. Oiya, gue jadi inget artikel yang gue baca di LinkedIn. Disitu tertulis bahwa"Buat para fresh graduate jangan pilih-pilih kerjaan karena ngerasa gak sesuai sama passion kalian. Lebih baik kita ambil kerjaan itu, apapun, kerjain, dan rasain. Kalo lu nya enjoy dan seneng berarti itu passion lu. Kalo bukan berarti ya beralih. Jadi jangan alasan gak ambil atau sangat pemilih dalam melamar kerja hanya karena alasan "GAK SESUAI PASSION". Disamping itu, passion gak ngasih lu makan wkwkw.
Sama nih kaya si Andy, dia ngerasa gak ada work life balance setelah menjalani pekerjaannya di "Runaway" dan gak sesuai sama impian dia. Dia awalnya mencoba karena ya perusahaan itu yang nerima lamaran dia. Hasilnya, Andy jadi pribadi yang lebih baik tetapi dia menyadari bahwa itu bukan yang dia mau. Ya akhirnya Andy beralih mencari kerja dengan title "berpengalaman" dan mendapatkan pekerjaan di sebuah percetakan majalah dimana jobdesk nya DIA banget. Dari "Runaway"setidaknya Andy udah mencoba dan learning a lot of things. Sama kaya gue, gue gak nyesel buat jadi asisten dosen gue. Seengaknya gue belajar banyak hal dengan dosen gue. Gimana harus memperlakukan orang, nambah relasi, dan seenggaknya punya pengalaman megang project yang masih berbau ilmu perkuliah gue. Pokoknya pengalaman gak akan bikin kalian nyesel. Harus liat dari sudut pandang lain bahwa itu akan berguna bagi kita suatu saat. Maka dari itu, gue selalu berani mencoba hal baru. Dan gue percaya itu akan buat gue lebih baik dibanding gue yang kemaren. That's all curhatan gue malam ini. Semoga gue bisa merasakan apa itu "Work Life Balance" hahaha.